Senin, 15 September 2014

PENGERTIAN FILSAFAT AGAMA ISLAM

ASEP DARAJAT
PENGERTIAN FILSAFAT AGAMA ISLAM
Hampir semua penulis karya tulis ilmiah mempunyai pandangan yang sama tentang arti filsafat yaitu mencintai kebenaran,mencintai kebijaksanaan , cinta kearipan, menurut buku filsafat umum dari mitologi sampai teo pilosopi filsapat adalah : pencarian kebenaran melalui jalur yang sistematis sedangkan menurut buku filsafat umum asmoro achmadi ,menurut  pengertian yang lajim yang dikemukakan oleh para filusuf dinegara-negara yang ada diwilayah timur seseorang disebut filosof bila dia telah mendapatkan atau telah meraih kebijak sanaan ,tapi menurut pengertian yang lajim

Yang dikatakan oleh para filusuf dinegara yang ada di wilayah barat ,kata mencintai tidak perlu meraih kebijaksanaan , karna itu jelas latar belakang sangat berpengaruh terhadap cara berpikir seseorang.sedangkan menurut harun nasution dalam falsafah agama bulan bintang terdapat beberapa pengertian falsafat,diantaranya
-pengetahuan tentang hikmah
-pengetahuan tentang perinsip atau dasar-dasar
-mencari kebenaran
-membahas dasar-dasar dari apa yang di bahas
-dan lain –lain
Ial u ia juga mengatakan bahwa intisari falsafat ialah berpikir mendasar secara logika dengan bebas

TERMINOLOGI ISLAM
           
Tiga dasar potensi manusia yang di titipkan oleh sang kholik menjadi gerbang sumber ilmu  dan dengan adanya kekuatan penyempur naan akal ,kebenaran yang di temukan dan di jelajah oleh tiga potensi dasar itu belum mendapatkan kebenaran yang hakiki karna kebenaran yang mutlak hanyalah milik allah kekuatan potensi dasar manusia yang disempurnakan oleh akal energi daya berpikirnya sangat terbatas maka kita juga membutuhkan berbagai petunjuk bukti serta contoh dan perumpamaan ,setelah data – data tersebut dapat kita perolah  dapat berpikir secara bebas keritis berargumentasi dan bertanggung jawab dalam menyatakan kebenaran , menentukan kearipan ,hasilnya ternyata sangat benar dan masuk logika semua yang di ajarkan oleh agama itu . intinya segala sesuatu  limu yang dikaji dengan tahapan – tahapan keilmuan itu sendiri sekaligus hasil ilmunya itu hanya ditujukan untuk mendekatkan diri pada allah , mengingat kebesarannya .
            Filsafat islam lahir dan berkembang oleh orang-orang muslim yang sangat gandrung terhadap filsafat  pada jamannya itu diantara nama-nama orang muslim yang dimaksud adalah :
1.      Dilingkungan kalangan kaum muslim yang pertama kali mengemukakan gara pandang filsafat  serta lapangannya adalah al kindi, tiga bagian filsafat yang di bagi oleh beliou ialah
a.      sebagai tingkatan yang paling bawah,karna adakalanya barhubungan denga sesuatu yang dapat diindra yaitu sesuatu yang berbeda maka batasan ilmu tersebut diberi nama (thibiyat) ilmu fisika
b.      sebagai tingkatan tengah tengah , karna ilmu ada kalanya berhubungan dengan benda ,tetapi mempunyai wujud sendiri ,sehingga batasan ilmu ini diberi nama al-ilm ar-riyadhi(mate-matika)
c.       sebagai tingkatan yang paling tinggi,adakalanya ilmu samasekali tidak berhubungan dengan benda , batasan ilmu ini diberi nama ilmar rububiyah (ilmu ketuhanan)
2.      tujuan filsafat dan agama sama yaitu mengetahui semua wujud hanya saja berbeda dalam memilih golongan mana yang akan diberikan hasil dari filsafat itu sendiri serta filsafat juga menggunakan dalil-dalil yang yakin sedangkan hasil dari agama ditujukan untuk semua golongan , ras , bangsa dan seluruh dunia agama juga menggunakan cara iqna”I ( pemuasan perasaan ) dan kiasan –kiasan serta gambaran pendapat pandangan ini dikemukakan oleh al parabi
3.      tingkatan ilmu filsapat menurut golongan ikhwanusafa
a.      Cinta kepada ilmu
b.      Mengetahui hakikat wujud menurut kesanggupan manusia
c.       Berkata dan berbuat sesuai dengan ilmu
d.      Ilmu ketuhanan
-mengetahui tuhan
-ilmu kerohanian yaitu malaikat-malaikat tuhan
-ilmu kejiwaan ilmu politik
-ilmu keakhiratan
        4.    ibnu shina berpendapat bahwa  bagian – bagian filsafat ketuhanan adalah:
               a.     ilmu tentang cara turunnya wahyu dan makhluk-makhluk yang membawa wahyu itu, seperti adanya asbabul nujum                                   
                       bagai mana cara wahyu itu disampaikan dari yang bersipat rohani sampai pada sesuatu                                                                                                                    
                        yang dapat dilihat dan didengar
                b.     ilmu keakhiratan (mo”ad )manusia tidak dihidupkan lagi badannya ,rohnya yang abadi            
                        itu akan mendapat siksa dan kesenangan
EFIS TEMOLOGI
            Banyak orang-orang yang takpercaya terhadap agama atau atheis namun sebenarnya itu salah karna sebenarnya manusia itu mempunyai tuhan atau ada yang dituhankan namun mungkin yang dituhankan oleh mereka adalah jiwaraganya sendiri, mereka beranggapan apa yang dinyatakan oleh agama itu tidak yakin kebenarannya termasuk pengetahuannya , mereka berkata bahwa itu hanyalah hayalan . Pengertian seperti ini diselidiki seluk-beluknya oleh ilmu efistemologi  epistemology akan memilah milah mana saja yang dikatakan oleh orang yang takpercaya terhadap agama itu yang berkaitan dengan pengertian mereka bahwa agama hanyalah hayalan bualan dan omong kosong semua itu akan diselidiki kebenarannya hingga akhirnya epistemologi menghakimi menyataka bahwaitu bohong dan tidak dapat dibuktikan
PENGETAHUAN AGAMA
            Pengetahuan agama idealnya tidakhanya berdasarkan wahyu saja tapi harus didukung juga oleh bukti-bukti historis pengalaman pribadi serta argument yang rasional

1.      BUKTI HISTORIS
Sebenarnya menurut penulis segala sesuatu juga kalau sudah yakin seyakin-yakinnya kita tidak perlu lagi yang namanya pendukung untuk menambah keyakinan kita , namun pendukung itu sangat diperlukan tatkala kita atau seseorang bahkan golongan yang berkata didalam hatinya saya ragu , saya tidak percaya supaya menjadi percaya bukti pendukung ini harus jelas oten tik dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. MisalnyA BUKTI HISTORIS nabi muhamad SAW seperti al qur”an yangtersusun rapi ,hadis , royu , gunung uhud serta setiap rahasiah sunnahnya dapat dibuktikan secara riset penelitian ilmiah.
WAHYU DAN AL QUR”AN BENAR WAHYU
      Semua orang yang beragama berpendapat bahhwa wahyu itu adalah kebenaran yang disampaikan langsung pada seorang manusia terpilih melalui utusannya,maka setiap agama akan membuktikan setiap kebenaran wahyu ini bahkan kebenaran tentang wahyu ini bisa dibuktikan oleh agama lain namun sebelum orang lain meuminta bukti kebenaran tersebut biasanya manusia terpilih itu sudah memberikan bukti sekaligus menjadi saksi atas kebenaran wahyu itu sendiri dan itu caranya berpariatip walaupun ada orang yang menganggap kalau al qur”an itu bukan wahyu maka wahyu itu sendiri menantang orang tersebut apakah kamu mampu membuat hal yang sama seperti ini
KONSEP KETUHANAN
            Konsep pengetahuan tentang cara memahami keberadaan tuhan ini sangat beragam sehingga beragam pula ajaran agama yang ada dimuka bumi  ini ,namun secara garis besar dibagi menjadi dua bagian yaitu agama ardi dan samawi.
            Ada sebagian pemahaman tentang adanya tuhan itu karna kekuatannya, ada yang percaya terhadap roh , ada yang percaya terhadap apa yang dituhankannya itu bertingkat-tingkat , ada juga yang menuhankan sesuatu yang gaib dari yang gaib namun kedudukannya lebih tinggi , ada juga yang memahami bahwa tuhan itu satu , sebagian juga ada yang menganggap tuhan itu adalah waktu namun ada juga yang ragu-ragu tentang adanya tuhan, bahkan ada yang ber anggapan bahwa tuhan itu tidak ada serta ada juga yang mengatakan semua yang baik dan menolong kita adalah tuhan bahkan ada yang menyatakan bahwa akulah tuhan .
PERKEMBANGAN PAHAM KETUHANAN DALAM MASYARAKAT ARAB JAHILIAh
            Paham ketuhanan pada masa jahiliah masih menganut paham ketuhanan agama ardi dimana mereka sering menyembah dan mengagung-agungkan benda yang ada di sekeliling mereka karena mereka menganggap benda tersebut memounyai roh lalu mereka mengangkat sendiri roh itu menjadi dewa hanya karna keinginan mereka tanpa melalui bukti-bukti hitoris yang jelas  itulah sebabnya jaman itu disebut jaman jahiliah , jaman kebodohan namunternyata kebiasaan itu belum hilang sampai sekarang setelah agama islam dating dibawa oleh nabi muhamad SAW
ARGUMEN-ARGUMEN ADANYA TUHAN
            Setiap agama mempunyai argument tasi adanya tuhan masing-masing diantarnya ialah argument ontologis argumem ini tidak berdasarkan wahyu namun lebih condong pada dasar agama ardi karna hanya berdasarkan logokanya saja . adajuga yang menggunakan argument sebab-musabab atau argumem kosmologis , argument ini tidak jauh dari argument-ontologis karna hanya berdasarkan pemikiran tidak mutlak yakin berdasarkan wahyu , argument teologis adalah argument selanjutnya menurut argument ini alam semesta beseerta segala isinya adalah satu organisasi yang mempunyai tujuan yang sa,ma argument moral adalah argument yang dianggap sempurna namun kenyataannya sama saja  datri argument-argumen diatas tidak ada argument yang berbeda semuanya nyaris samam
KEABADIAN PRIBADI
ATAU KEHIDUPAN SESUDAH MATI
            Keabadian pribadi atau kehidupan sesudah mati ini bisa dibilang dengan kata lain adalah panjang umur seperti gen serta sipat dan ana tomi tuuh kita yang hamper sama persis diturunkan pada turunan kita , namun yang menjadi pertanyaan apakah setelah jarak waktu yang jauh dengan cirri-ciri gen itu orang masih dapat mengenal kita ? yang jelas keabadian pribadi kahidupan sesuda mati ini adalah segala kegiatan aktipitas anggota tubuh baik otak ucapan tulisan serta karya seni serta semua yang berkaitan dengan kita yang bermanpaat bagi orang banyak sehingga orang mengenang kita sampai kapanpun walau kita sudah mati
KONSEP ROH
            Banyak berbagai pariasi dan pandangan mengenai konsep roh ini namun nyang dikemukakan dalam falsafah yunani roh adalah penguasa raga ini semua aktifitas yang dilakukan ,diketahui ,dilihat ,didengar oleh tubuh semuanya dikendalikan oleh roh semua kegiatan tubuh ini hanyalah mengulang kegiatan roh dialam terdahulu dalam falsafah islam konsep roh sebenarya tidak jauh berbeda dengan falsafah yunani hanya deda dalam definisinya sanya namun keduanya sama hanya meraba –raba dengan pemikiran  karna sesuai yang ada dalam al qur”an manusia hanya diberi sedikit saja pengetahuannya dalam bidang roh ,konsep roh dalam falsafah Kristen barat dan modern juga sama menurut falsafah-falsafah yang lain namun semuanya juga bisa diterima oleh akal.
SOAL KEJAHATAN
            Kejahatan bisa diartikan sesuatu kejadian yang menimbulkan kerugi sedangkan siapa dan apa yangmerugikan serta siapa dan apa yang dirugikan itu tidak dibatasi atau sifatnya bebas , namun yang jelas semua kejahatan itu kan dipertanggung jawabkan oleh sipelaku maupun otak dari perencana kejahatan itu sendiri namun pertanyaannya apakah dikehidupan kedua nanti setiap kejahatan akan dibalas dengan kejahatan lagi? Semua faham dan agama itdak bisa menjawabnya hanya bisa berkomentar bahwa dibalik semuah itu ada hikmah manfaatnya .tuham sengaja mengantar sifat manusia baik buruk berupa kejahatan maupun kebaikan saling tolong-menolong dalam hal yang bermanfaat namun semua itu ia perhitungkan untuk membalasnya dengan ukuran yang sama
KEKUASAAN
SERTA KEHENDAK MUTLAK TUHAN
DAN KEBEBASAN MANUSIA
            Para ahli teolog baik qodariah maupun jabariah berpendapat sama yaitu menjelaskan bahwa tuhan mempunyai kehendak dan kekuasaan yang mutlak apa yang tuhan kerjakan dan kehendaki mestiterjadi dan pasti terjadi bila allah berfirman jadilah maka jadi apayang dikehendakinya itu “ surat yasin dalam al qur”an karna allah ini maha segalanya berbeda dengan umatnya jika allah tiada awal dan tiada akhir serta tiada batasannya maka kita manusia yang di ciptakanya pasti ada awal ada akhir serta serba terbatas tentunya itu berlaku dalam segala bidang tanpa kecuali . tuhan sengaja memberikan kebebasan terhadap manusia untuk berkarya dalam segala hal bukannya berarti tuhan kekuasaannya terbatas namun itu sendiri kehendak tuhan .kalau hanya melihat tulisan kebebasan saja itu sangat riskan karna bebas segalanya tanpa kecuali

           




Tidak ada komentar:

Posting Komentar