ASEP DARAJAT
PENGERTIAN FILSAFAT AGAMA ISLAM
Hampir semua penulis
karya tulis ilmiah mempunyai pandangan yang sama tentang arti filsafat yaitu
mencintai kebenaran,mencintai kebijaksanaan , cinta kearipan, menurut buku
filsafat umum dari mitologi sampai teo pilosopi filsapat adalah : pencarian
kebenaran melalui jalur yang sistematis sedangkan menurut buku filsafat umum
asmoro achmadi ,menurut pengertian yang
lajim yang dikemukakan oleh para filusuf dinegara-negara yang ada diwilayah
timur seseorang disebut filosof bila dia telah mendapatkan atau telah meraih
kebijak sanaan ,tapi menurut pengertian yang lajim
Yang dikatakan oleh para
filusuf dinegara yang ada di wilayah barat ,kata mencintai tidak perlu meraih
kebijaksanaan , karna itu jelas latar belakang sangat berpengaruh terhadap cara
berpikir seseorang.sedangkan menurut harun nasution dalam falsafah agama bulan
bintang terdapat beberapa pengertian falsafat,diantaranya
-pengetahuan tentang hikmah
-pengetahuan tentang perinsip atau
dasar-dasar
-mencari kebenaran
-membahas dasar-dasar dari apa yang
di bahas
-dan lain –lain
Ial u ia juga mengatakan bahwa intisari falsafat ialah
berpikir mendasar secara logika dengan bebas
TERMINOLOGI ISLAM
Tiga dasar potensi
manusia yang di titipkan oleh sang kholik menjadi gerbang sumber ilmu dan dengan adanya kekuatan penyempur naan akal
,kebenaran yang di temukan dan di jelajah oleh tiga potensi dasar itu belum
mendapatkan kebenaran yang hakiki karna kebenaran yang mutlak hanyalah milik
allah kekuatan potensi dasar manusia yang disempurnakan oleh akal energi daya
berpikirnya sangat terbatas maka kita juga membutuhkan berbagai petunjuk bukti
serta contoh dan perumpamaan ,setelah data – data tersebut dapat kita perolah dapat berpikir secara bebas keritis berargumentasi
dan bertanggung jawab dalam menyatakan kebenaran , menentukan kearipan ,hasilnya
ternyata sangat benar dan masuk logika semua yang di ajarkan oleh agama itu .
intinya segala sesuatu limu yang dikaji
dengan tahapan – tahapan keilmuan itu sendiri sekaligus hasil ilmunya itu hanya
ditujukan untuk mendekatkan diri pada allah , mengingat kebesarannya .
Filsafat
islam lahir dan berkembang oleh orang-orang muslim yang sangat gandrung
terhadap filsafat pada jamannya itu
diantara nama-nama orang muslim yang dimaksud adalah :
1. Dilingkungan kalangan kaum muslim
yang pertama kali mengemukakan gara pandang filsafat serta lapangannya adalah al kindi, tiga
bagian filsafat yang di bagi oleh beliou ialah
a. sebagai tingkatan yang paling bawah,karna
adakalanya barhubungan denga sesuatu yang dapat diindra yaitu sesuatu yang
berbeda maka batasan ilmu tersebut diberi nama (thibiyat) ilmu fisika
b. sebagai tingkatan tengah tengah ,
karna ilmu ada kalanya berhubungan dengan benda ,tetapi mempunyai wujud sendiri
,sehingga batasan ilmu ini diberi nama al-ilm ar-riyadhi(mate-matika)
c. sebagai tingkatan yang paling tinggi,adakalanya
ilmu samasekali tidak berhubungan dengan benda , batasan ilmu ini diberi nama
ilmar rububiyah (ilmu ketuhanan)
2. tujuan filsafat dan agama sama yaitu
mengetahui semua wujud hanya saja berbeda dalam memilih golongan mana yang akan
diberikan hasil dari filsafat itu sendiri serta filsafat juga menggunakan
dalil-dalil yang yakin sedangkan hasil dari agama ditujukan untuk semua
golongan , ras , bangsa dan seluruh dunia agama juga menggunakan cara iqna”I (
pemuasan perasaan ) dan kiasan –kiasan serta gambaran pendapat pandangan ini
dikemukakan oleh al parabi
3.
tingkatan
ilmu filsapat menurut golongan ikhwanusafa
a. Cinta kepada ilmu
b. Mengetahui hakikat wujud menurut
kesanggupan manusia
c. Berkata dan berbuat sesuai dengan
ilmu
d. Ilmu ketuhanan
-mengetahui
tuhan
-ilmu
kerohanian yaitu malaikat-malaikat tuhan
-ilmu
kejiwaan ilmu politik
-ilmu
keakhiratan
4.
ibnu shina berpendapat bahwa bagian
– bagian filsafat ketuhanan adalah:
a. ilmu tentang cara turunnya wahyu dan
makhluk-makhluk yang membawa wahyu itu, seperti adanya asbabul nujum
bagai mana cara wahyu itu disampaikan
dari yang bersipat rohani sampai pada sesuatu
yang dapat dilihat dan didengar
b. ilmu keakhiratan (mo”ad )manusia tidak
dihidupkan lagi badannya ,rohnya yang abadi
itu akan mendapat siksa dan kesenangan
EFIS TEMOLOGI
Banyak
orang-orang yang takpercaya terhadap agama atau atheis namun sebenarnya itu
salah karna sebenarnya manusia itu mempunyai tuhan atau ada yang dituhankan
namun mungkin yang dituhankan oleh mereka adalah jiwaraganya sendiri, mereka beranggapan
apa yang dinyatakan oleh agama itu tidak yakin kebenarannya termasuk
pengetahuannya , mereka berkata bahwa itu hanyalah hayalan . Pengertian seperti
ini diselidiki seluk-beluknya oleh ilmu efistemologi epistemology akan memilah milah mana saja
yang dikatakan oleh orang yang takpercaya terhadap agama itu yang berkaitan
dengan pengertian mereka bahwa agama hanyalah hayalan bualan dan omong kosong semua
itu akan diselidiki kebenarannya hingga akhirnya epistemologi menghakimi
menyataka bahwaitu bohong dan tidak dapat dibuktikan
PENGETAHUAN AGAMA
Pengetahuan
agama idealnya tidakhanya berdasarkan wahyu saja tapi harus didukung juga oleh
bukti-bukti historis pengalaman pribadi serta argument yang rasional
1.
BUKTI
HISTORIS
Sebenarnya menurut penulis segala
sesuatu juga kalau sudah yakin seyakin-yakinnya kita tidak perlu lagi yang
namanya pendukung untuk menambah keyakinan kita , namun pendukung itu sangat
diperlukan tatkala kita atau seseorang bahkan golongan yang berkata didalam
hatinya saya ragu , saya tidak percaya supaya menjadi percaya bukti pendukung
ini harus jelas oten tik dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
MisalnyA BUKTI HISTORIS nabi muhamad SAW seperti al qur”an yangtersusun rapi
,hadis , royu , gunung uhud serta setiap rahasiah sunnahnya dapat dibuktikan
secara riset penelitian ilmiah.
WAHYU DAN AL
QUR”AN BENAR WAHYU
Semua
orang yang beragama berpendapat bahhwa wahyu itu adalah kebenaran yang
disampaikan langsung pada seorang manusia terpilih melalui utusannya,maka
setiap agama akan membuktikan setiap kebenaran wahyu ini bahkan kebenaran
tentang wahyu ini bisa dibuktikan oleh agama lain namun sebelum orang lain
meuminta bukti kebenaran tersebut biasanya manusia terpilih itu sudah
memberikan bukti sekaligus menjadi saksi atas kebenaran wahyu itu sendiri dan
itu caranya berpariatip walaupun ada orang yang menganggap kalau al qur”an itu
bukan wahyu maka wahyu itu sendiri menantang orang tersebut apakah kamu mampu
membuat hal yang sama seperti ini
KONSEP
KETUHANAN
Konsep
pengetahuan tentang cara memahami keberadaan tuhan ini sangat beragam sehingga
beragam pula ajaran agama yang ada dimuka bumi
ini ,namun secara garis besar dibagi menjadi dua bagian yaitu agama ardi
dan samawi.
Ada sebagian
pemahaman tentang adanya tuhan itu karna kekuatannya, ada yang percaya terhadap
roh , ada yang percaya terhadap apa yang dituhankannya itu bertingkat-tingkat ,
ada juga yang menuhankan sesuatu yang gaib dari yang gaib namun kedudukannya
lebih tinggi , ada juga yang memahami bahwa tuhan itu satu , sebagian juga ada
yang menganggap tuhan itu adalah waktu namun ada juga yang ragu-ragu tentang
adanya tuhan, bahkan ada yang ber anggapan bahwa tuhan itu tidak ada serta ada
juga yang mengatakan semua yang baik dan menolong kita adalah tuhan bahkan ada
yang menyatakan bahwa akulah tuhan .
PERKEMBANGAN PAHAM KETUHANAN DALAM MASYARAKAT
ARAB JAHILIAh
Paham
ketuhanan pada masa jahiliah masih menganut paham ketuhanan agama ardi dimana
mereka sering menyembah dan mengagung-agungkan benda yang ada di sekeliling
mereka karena mereka menganggap benda tersebut memounyai roh lalu mereka
mengangkat sendiri roh itu menjadi dewa hanya karna keinginan mereka tanpa
melalui bukti-bukti hitoris yang jelas itulah
sebabnya jaman itu disebut jaman jahiliah , jaman kebodohan namunternyata
kebiasaan itu belum hilang sampai sekarang setelah agama islam dating dibawa
oleh nabi muhamad SAW
ARGUMEN-ARGUMEN ADANYA TUHAN
Setiap agama
mempunyai argument tasi adanya tuhan masing-masing diantarnya ialah argument
ontologis argumem ini tidak berdasarkan wahyu namun lebih condong pada dasar
agama ardi karna hanya berdasarkan logokanya saja . adajuga yang menggunakan
argument sebab-musabab atau argumem kosmologis , argument ini tidak jauh dari
argument-ontologis karna hanya berdasarkan pemikiran tidak mutlak yakin
berdasarkan wahyu , argument teologis adalah argument selanjutnya menurut
argument ini alam semesta beseerta segala isinya adalah satu organisasi yang
mempunyai tujuan yang sa,ma argument moral adalah argument yang dianggap
sempurna namun kenyataannya sama saja
datri argument-argumen diatas tidak ada argument yang berbeda semuanya
nyaris samam
KEABADIAN PRIBADI
ATAU KEHIDUPAN SESUDAH MATI
Keabadian
pribadi atau kehidupan sesudah mati ini bisa dibilang dengan kata lain adalah
panjang umur seperti gen serta sipat dan ana tomi tuuh kita yang hamper sama
persis diturunkan pada turunan kita , namun yang menjadi pertanyaan apakah
setelah jarak waktu yang jauh dengan cirri-ciri gen itu orang masih dapat
mengenal kita ? yang jelas keabadian pribadi kahidupan sesuda mati ini adalah
segala kegiatan aktipitas anggota tubuh baik otak ucapan tulisan serta karya
seni serta semua yang berkaitan dengan kita yang bermanpaat bagi orang banyak
sehingga orang mengenang kita sampai kapanpun walau kita sudah mati
KONSEP ROH
Banyak
berbagai pariasi dan pandangan mengenai konsep roh ini namun nyang dikemukakan
dalam falsafah yunani roh adalah penguasa raga ini semua aktifitas yang
dilakukan ,diketahui ,dilihat ,didengar oleh tubuh semuanya dikendalikan oleh
roh semua kegiatan tubuh ini hanyalah mengulang kegiatan roh dialam terdahulu dalam
falsafah islam konsep roh sebenarya tidak jauh berbeda dengan falsafah yunani
hanya deda dalam definisinya sanya namun keduanya sama hanya meraba –raba
dengan pemikiran karna sesuai yang ada
dalam al qur”an manusia hanya diberi sedikit saja pengetahuannya dalam bidang
roh ,konsep roh dalam falsafah Kristen barat dan modern juga sama menurut
falsafah-falsafah yang lain namun semuanya juga bisa diterima oleh akal.
SOAL KEJAHATAN
Kejahatan
bisa diartikan sesuatu kejadian yang menimbulkan kerugi sedangkan siapa dan apa
yangmerugikan serta siapa dan apa yang dirugikan itu tidak dibatasi atau
sifatnya bebas , namun yang jelas semua kejahatan itu kan dipertanggung
jawabkan oleh sipelaku maupun otak dari perencana kejahatan itu sendiri namun
pertanyaannya apakah dikehidupan kedua nanti setiap kejahatan akan dibalas
dengan kejahatan lagi? Semua faham dan agama itdak bisa menjawabnya hanya bisa
berkomentar bahwa dibalik semuah itu ada hikmah manfaatnya .tuham sengaja
mengantar sifat manusia baik buruk berupa kejahatan maupun kebaikan saling
tolong-menolong dalam hal yang bermanfaat namun semua itu ia perhitungkan untuk
membalasnya dengan ukuran yang sama
KEKUASAAN
SERTA KEHENDAK MUTLAK TUHAN
DAN KEBEBASAN MANUSIA
Para ahli
teolog baik qodariah maupun jabariah berpendapat sama yaitu menjelaskan bahwa
tuhan mempunyai kehendak dan kekuasaan yang mutlak apa yang tuhan kerjakan dan
kehendaki mestiterjadi dan pasti terjadi bila allah berfirman jadilah maka jadi
apayang dikehendakinya itu “ surat yasin dalam al qur”an karna allah ini maha
segalanya berbeda dengan umatnya jika allah tiada awal dan tiada akhir serta
tiada batasannya maka kita manusia yang di ciptakanya pasti ada awal ada akhir
serta serba terbatas tentunya itu berlaku dalam segala bidang tanpa kecuali .
tuhan sengaja memberikan kebebasan terhadap manusia untuk berkarya dalam segala
hal bukannya berarti tuhan kekuasaannya terbatas namun itu sendiri kehendak
tuhan .kalau hanya melihat tulisan kebebasan saja itu sangat riskan karna bebas
segalanya tanpa kecuali
Tidak ada komentar:
Posting Komentar